Things to Do around Losari Beach

Hi there!

Pasti tahu dong kalau Makassar terkenal dengan pantai Losari-nya yang terletak tepat di jantung kota. Saya kebetulan punya kesempatan berkunjung lagi ke sana, dua kali dalam tiga bulan, karena sedang penelitian. Kunjungan saya terakhir ke Makassar berdua dengan bos saya. Untuk mengefisienkan waktu, kami bagi dua kerjaan, bos saya penelitian di pulau, dan saya penelitian di kota. Setelah selesai pekerjaan, saya punya banyak waktu untuk berjalan-jalan sendiri, apalagi homestay saya dekat dengan pantai Losari.

Selain menikmati sunset dan ditemani deburan ombak, banyak hal yang sesungguhnya bisa dilakukan di sekitar pantai Losari. Berikut ini beberapa di antaranya.

Read More »

Pahit Manis & Imlek di Makassar

Ini adalah hari kelima saya berada di Makassar dan masih ada 6 hari lagi sampai pulang ke Jakarta. Kerasa sebentar dan kerasa lama juga. Dan selama lima hari ini, lumayan banyak juga cerita yang saya rasakan. Terutama pas saat pertama kali mau flight karena saya kayaknya banyak mengalami kesialan. Pertama, kaki saya baru selesai dijahit, walaupun cuma 2 jahitan, karena kemasukan kerikil kecil. Dan sialnya, operasi kecil itu dilangsungkan 5 hari sebelum berangkat ke Makassar. Walhasil kaki ini masih nyut-nyutan kalau dipakai jalan. Plus, karena saya cuma bisa jalan pakai telapak bagian belakang, betis ini rasanya pegal banget nahan beban kalau jalan lama-lama. Dan selama di Makassar pun saya jadi bolak-balik ke rumah sakit karena harus dicek dan diganti perban 3 hari sekali. Alhamdulillah kemarin sudah bisa dilepas jahitannya.

Read More »

Menjelajah Kuliner Makassar Part II

Hola! Greetings from Makassar.

Ini hari ketiga saya di Makassar untuk bekerja. Ya, kedua kalinya saya mengunjungi kota Makassar adalah bukan untuk jalan-jalan (lagi), melainkan untuk penelitian. Saya datang ke sini bersama bosku yang merupakan seorang senior researcher untuk menjadi asistennya selama di sini.

Kami datang ke Makassar hari Minggu tanggal 15 Februari. Pagi-pagi waktu kami berangkat, cuaca lagi kurang bagus hari itu karena hujan dari pagi. Hati saya sudah deg-degan karena takut turbulence selama penerbangan, takeoff-nya juga nggak mulus dan bikin jantungan. Tapi Alhamdulillah, ternyata di atas awan cerah dan penerbangan mulus dan kamipun selamat sentosa sampai di Bandara Sultan Hasanuddin. Bagi saya, Makassar adalah surga makanan enak. Walaupun sudah pernah nyoba, tetep saja saya ingin icip-icip lagi. Berikut adalah makanan yang sudah saya coba selama 3 hari di sini.

Read More »

Impulsive Trip #2 – Makassar, Samalona & Kodingareng Keke

Sehari setelah tiba kembali di Makassar, jam setengah 7 pagi, kami semua sudah siap berangkat menuju pelabuhan Kayu Bangkoa untuk menyebrang ke pulau.

Di pelabuhan, kami berkenalan dengan 3 orang temannya Fitria yang bakal menyebrang bareng kami (yang saya lupa siapa saja namanya) demi uang patungan kapal yang lebih murah. Jadi totalnya kami semua menyebrang bersepuluh (bersebelas sama bapaknya).

Suasana dermaga pagi itu ramai banget, terutama oleh penduduk pulau seberang yang ternyata baru tiba di dermaga. Mereka semua merapat untuk berbelanja.

Read More »

Impulsive Trip #1 – Jakarta, Makassar & Tanjung Bira

This is my first time visiting Sulawesi, yay!

Kenapa dinamakan impulsive trip? Karena ini memang benar-benar impulsif, haha. Jadi ceritanya, di suatu siang di kantin di antara jam kuliah,  seorang teman saya lagi browsing tiket promo dan bilang, “Eh, tiket pesawat Air Asia ke Makassar lagi promo, nih!” Terus ya udah aja gitu kami pesan tiketnya (padahal pas itu kami belum dapat tiket pulang).

Anyway, more stories will be told later! Kemudian hari H pun tiba. Kami berangkat dari bandara Soekarno-Hatta tujuan CGK – UPG naik Air Asia, penerbangan jam 21.50 WIB dan sampai di bandara Sultan Hasanuddin tepat jam 01.10 WITA. Saya berangkat dari Jakarta berenam, yaitu bareng Icha, Gevin, Riri, Enji, dan Tassa, dan selama di Makassar kami menginap di rumah salah satu teman kami, yaitu Fitria, yang sudah terbang duluan sehari sebelumnya. Perjalanan ke Makassar pakai pesawat menghabiskan waktu 2 jam 20 menit, dan kami sampai di Makassar tengah malam menuju pagi buta.

Read More »