Affordable Basic Skincare Routine untuk Ibu Menyusui

Saat hamil, saya paling malesss banget kalau udah disuruh ngapa-ngapain muka. Pernah suatu ketika saya pergi ngantor dengan bare face, benar-benar berbekal sabun muka aja dan face paper kalau muka udah mulai terlihat berminyak. Iya, semalas itu dulu (apalagi pas hamil) merawat wajah. Saya udah pernah ngebahas produk-produk skincare dan makeup yang saya pakai selama hamil di post ini, dan itu udah sangat minimum banget.

Nah, akhir-akhir ini, saya coba mulai pengen ngerajinin merawat muka. Apalagi setelah saya menemukan channel Youtube Beauty Within. Bikin semangat ngerawat diri hahaha. Salah satu episode yang membukakan mata saya adalah tentang basic skincare routine, yang ternyata sangat mudah diikuti. Tier pertama dari skincare routine yang wajib bangetttt kita pakai setiap hari adalah: cleanser – toner – moisturizer – sunscreen.

Tapi tentu saja kebutuhan skinker berbanding terbalik dengan pemasukan, shay. Jadilah saya banyak online browsing, kira-kira produk yang affordable dan cukup bagus review-nya, dan yang insya Allah aman buat ibu menyusui seperti saya. On a side note, kulit wajah saya berminyak dan cenderung berjerawat, jadi memang agak susah nemuin produk yang cocok. Makanya sata happy banget saat menemukan produk-produk ini:

1. Cleanser: Mineral Botanica Acne Face Wash

Sewaktu hamil, saya pakai face wash seri Tea Tree dari The Body Shop. Memang ukurannya gede sih, tapi agak nggak rela juga kalau tiap kali habis, beli lagi dengan harga segitu hahaha. Akhirnya saya coba beralih ke Mineral Botanica. Sebelumnya saya memang udah pernah coba pakai loose powder-nya dan cocok. Jadilah saya coba pakai face wash-nya. Eh keterusan sampai sekarang! Harganya pun tentu saja bikin hemat di kantong (ini yang paling penting). Kekurangannya menurut saya hanya kemasannya saja yang cuma tersedia 100 ml, jadi kalau rutin dipakai bikin cepat habis.

Beli di mana? Beststore di Shopee.

2. Toner: Wardah Seaweed Primary Skin Hydrating Booster

Ini juga sebenarnya berbekal coba-coba karena beberapa kali saya pakai produk Wardah nggak cocok. Setelah beberapa minggu pakai, saya merasa kulit saya makin kenyal hahaha. Entah sugesti atau apa, yang pasti toner ini bikin muka terasa adem banget.

Beli di mana? COZME Official di Shopee.

3. Moisturizer: The Body Shop Tea Tree Mattifying Lotion

Nah, produk ini memang saya pakai terus semenjak hamil. Pertimbangannya adalah, saya pernah coba merk lain yang agak lebih murah dan ternyata kulit saya mengalami breakout. Setelah pikir-pikir, daripada ganti merk lagi terus nggak cocok lagi, akhirnya saya kembali beralih ke The Body Shop. Memang cukup mahal dibandingkan produk lainnya, tapi seenggaknya sekarang saya bisa menghemat di produk yang lain jadi nggak bikin kantong jebol-jebol amat. Saya suka banget sama tekstur dan sensasinya kalau dipakai di muka yang bikin adem. Sayangnya produk ini memang belum ada SPF-nya.

Beli di mana? @simada.tbs di Instagram.

4. Sunscreen: Wardah BB/DD Cream

Dibandingkan beli produk sunscreen aja, saya lebih suka pakai BB/DD Cream dari Wardah. Saya pakai bergantian aja sih, tergantung ketersediaan stok di toko aja. Kalau lagi nemu BB Cream ya pakai itu, kalau lagi nemu DD Cream ya pakai itu. Saya suka keduanya karena praktis, bisa sebagai sunscreen sekaligus makeup base untuk sehari-hari. Apalagi dengan muka saya yang cenderung oily, BB/DD Cream ini jadi alternatif pemakaian foundation. Perbedaannya menurut saya nggak beda jauh, yaitu kandungan SPF-nya saja, yaitu 32 di BB Cream dan 30 di DD Cream.

Beli di mana? COZME Official di Shopee.

5. Night Cream: Nature Republic Aloe Vera 92% Soothing Gel

Ini saya dulu beli dari zaman hamil sampai sekarang Aksara udah 13 bulan nggak abis-abis. Seperti yang pernah saya sebutkan juga di post ini, produk NatRep ini multifungsi. Bisa jadi moisturizer, masker, dan lain-lain. Oh ya, menurut Beauty Within juga, sebenarnya day cream dan night cream itu nggak terlalu banyak beda, kok. You can simply use day cream or other moisturizing products for your night cream. Perbedaannya hanya di teksturnya night cream saja yang biasanya lebih kental (karena dipakai sampai pagi, gitu katanya).

Beli di mana? Nature Republic Official Store di Shopee.

6. Sleeping Mask: Laneige Water Sleeping Mask

Kata siapa produk Laneige mahal-mahal? Kalau bisa menemukan celahnya, pasti dapet kok yang murah hahaha. Jadi buibu, Laneige ini banyak sampelnya loh, dan bahkan kemasan sampel aja bagus!

Ini pertama kali saya beli karena memang pengen nyobain dulu. Daripada udah mahal-mahal terus nggak cocok, yekan. Jadilah saya beli versi sampelnya yang ukuran 15 ml dan ternyata… Bagusss bangettt. Iya, sebagus ituuuu hasilnya. Mana harganya murah banget lagi, nggak sampai 25 ribu. Saya sudah pakai hampir dua bulan dan belum habis sampai sekarang.

Oh iya, bedanya dengan night cream, sleeping mask ini nggak untuk dipakai setiap hari. Saya maksimal pakai dua kali seminggu sebelum tidur. Pas bangun tidur, baru deh dicuci dengan air. Seingat saya sleeping mask dari Laneige ini juga punya kemasan yang ukuran medium dan harganya nggak sampai 100 ribu.

Beli di mana? Kmarket.id di Shopee.

Nah, kurang lebih itu produk-produk yang saya pakai belakangan ini. Alhamdulillah selama ini cocok di saya dan belum ada rencana beralih ke produk lain hehehe. Kalau ada tambahan, nanti saya update, ya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s