Current Favorite Youtube Channels for A Healthier Life

Hola! Akhir-akhir ini saya lagi senang mantengin beberapa Youtube channels yang punya topik spesifik buat diangkat. Selain karena menarik, juga tentunya bermanfaat karena dapat ilmu baru. Plus, sebenarnya saya lagi kehabis TV series buat ditonton, jadi ya ujung-ujungnya nonton Youtube lagi haha. Btw, kalau ada rekomendasi series yang bagus, boleh kasih tahu ya! πŸ˜€

Oke. Balik lagi. Secara nggak sengaja, setelah saya lihat ulang, ternyata channel-channel ini kebanyakan membahas tentang gaya hidup yang lebih sehat; mulai dari makanan, lingkungan, sampai finansial. Apakah ini pertanda hidup saya lebih sehat sekarang? Yak, belum tentu juga, sodara-sodara. Tapi seenggaknya, saya dapat ilmu baru for a better me and healthier me. Berikut ini saya mau bagiin beberapa Youtube channels yang saya rekomendasikan, siapa tahu bermanfaat πŸ™‚

Healthier Diet

Mungkin banyak channel di luar sana yang ngomongin tentang healthy diet, healthy food, dan segalanya yang berlabel “sehat”. Tapi saya paling suka sama channel ini, Mind over Munch milik seseorang asal Amerika Serikat, Alyssia. Yang saya suka dari channel ini adalah relevansinya bagi saya. Buat saya yang nggak sehat-sehat amat ini, kadang suka jiper kalau nonton orang-orang yang super sehat dengan makanan super sehat pula. Dan biasanya kalau udah berkenaan sama yang sehat-sehat, ujung-ujungnya biasanya (biasanya loh ya, nggak selalu harus) veganism atau mengajarkan suatu pola diet tertentu, yang sampai sekarang belum bikin saya tertarik.

Nah, bedanya channel ini sama yang lain, she doesn’t take us into that extreme end. Wong dia aja ngakuin kalau masih suka nyemilin snack-snack nggak sehat dari supermarket. Yang lebih ditekankan dalam channel ini adalah gimana caranya kita sebagai konsumen bisa membuat informed decision atas apa yang kita konsumsi. Misalnya, tahu cara membaca label nutrition facts, tahu basic-nya tentang macronutrients, sampai tips biar nggak mudah “tertipu” dengan label sehat di makanan yang kita konsumsi. Channel ini juga punya banyak resep sehat yang bisa dicobain di rumah, loh. Selain itu gaya penyampaiannya juga witty and fun!

Healthier and Cleaner Home

Kebayang nggak, ada Youtube channel sendiri yang khusus ngebahas tentang beres-beres dan bebersih? Ah rasanya jadi ibu-ibu mah udah kayak tinggal merem aja gitu mau bebersih. Eits, tapi ternyata banyak cleaning hacks yang bisa diterapkan di rumah dari channel Clean My Space loh buibu pakbapak.

Pembahasannya bener-bener detail, mulai dari alat bebersih apa yang dibutuhkan, how to do laundry better, how to store food, sampe how to fold your clothes! Haha emang rasanya overwhelmed banget sih tiap kali abis nonton ini, mbok ya banyak banget yang harus dilakukan (sambil meratapi kamar yang nggak Instagram-worthy clean). Tapi ingat, selalu terapkan yang paling feasible dan paling relevan aja udah cukup, kok.

Healthier Environment

Kalau nonton channel dia rasa-rasanya saya ini seperti butiran debu di padang pasir T_T

Kalau ada yang pernah nonton wawancara tentang seseorang yang menghasilkan sampah selama empat tahun cuma dalam 1 mason jar, guys, she’s the one! Trash is for Tossers adalah Youtube channel milik Lauren Singer yang terkenal itu. Kalau mau tahu selama 4 tahun itu dia buang sampah apa aja, coba tonton videonya di sini. Dan sebenarnya lebih tepatnya membuat sampah, karena sampai sekarang sampahnya disimpen terus gak dibuang-buang!

Ternyata hidup less waste atau zero waste itu harus punya beberapa ilmu, nggak cuma sekedar say no to plastic bag dan bawa kantong sendiri dari rumah kalau mau belanja, meskipun itu adalah salah satu hal terkecil yang bisa dilakukan. Banyak aspek yang harus diperhatikan untuk sebisa mungkin meminimalisasi barang yang berakhir di tempat sampah. Misalnya, untuk sampah organik kayak kulit buah dan sayur bisa dijadikan kompos, bawa produce bag sendiri buat beli buah atau sayur yang ditimbang di supermarket, sampai bikin produk sendiri, kayak bikin deodoran dan sabun cuci sendiri…

Nggak, saya belum sampe situ kok. Keinginan sih ada, tapi tetep aja merealisasikan niat jadi action itu yang susyah. Mudah-mudahan sih sedikit demi sedikit saya mampu ya. *kencangkan ikat kepala*

Healthier Lifestyle

Sebenarnya pemilik channel Pick Up Limes, Sadia Badiei, adalah seorang nutritionist. Makanya nggak heran kalau dia banyak ngasih resep makanan sehat yang 100% plant-based atau tips untuk meal preparation. Tapi selain itu juga, banyak video tentang minimalist lifestyle dan juga zero waste, meskipun menurut saya belum sampai sekonsisten Trash is for Tossers.

Hal favorit saya dari channel ini adalah tentang minimalist lifestyle yang ditawarkan, yang menekankan kita untuk hidup simpel. Nggak mudah “tergiur” buat beli barang yang sebenernya kita nggak butuh-butuh amat, maintaining healthy habits, dan decluttering your space (and mind). Seperti yang Marie Kondo bilang, keep the things that only spark joy. Video favorit saya adalah 30 Days to Minimalism. Dan memang rasanya kalau kita menjual/mendonasikan/simply get rid of things that we don’t need (anymore), it feels so liberating.

Healthier Finance

Jeng jeng jeng!

Kalau udah ngomongin duit, langsung panas dingin ya rasanya! Hahaha. Tapi beneran deh, financial literacy itu penting banget. Dan saya seneng banget belajar dari The Financial Diet. Tenang, channel ini ngebahas tentang keuangan bukan dari sisi perbankan, investasi, dan segala kosakata yang bikin ribet. Gaya penyampaiannya benar-benar disesuaikan dengan gaya hidup yang kita jalani sehari-hari. Misalnya, gimana caranya kita mempersiapkan emergency fund? Dan apakah itu emergency fund? Terus hal-hal apa yang sering kita lakukan yang sebenarnya waste a lot of money? Belum lagi salah satu topik “panas” yang mereka angkat, yaitu tentang wedding di Amerika Serikat yang menjadi industri yang sangat mahal, yang menurut saya juga sangat relevan dengan di Indonesia sini. Ternyata financially (pesta) pernikahan itu bukan hanya “membebani” para pengantin dan orangtuanya, tapi juga para tamunya, seperti bridesmaid’s dress, kado pernikahan, belum lagi bridal shower dan semacamnya.

Konten per videonya memang cukup panjang, yaitu rata-rata di atas 10 menit, tapi menurut saya worth it banget. Bahasannya nggak bikin pusing, tapi bikin kita tetap aware sama situasi keuangan sendiri dan bagaimana menggunakannya dengan bijak. Pokoknya ini a complete beginner’s guide to financial literacy lah!

Begitulah kira-kira list Youtube channels yang bisa saya rekomendasikan untuk makanan, lingkungan, gaya hidup, dan kantong yang lebih sehat. Semoga bukan cuma dapet ilmu aja, tapi ilmunya juga bisa diterapkan juga di kehidupan sehari-hari. Ganbatte!!

All content photos belong to the respected owners of the channels.

Featured image from here.

2 thoughts on “Current Favorite Youtube Channels for A Healthier Life

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s