My Top 6 Pregnancy and Parenting Books

Semenjak tahu hamil, bahan bacaan saya kebanyakan langsung jadi buku tentang kehamilan dan parenting 😀 Ini sebenarnya jadi bagian sugesti positif yang direkomendasikan sama dokter kandungan saya waktu trimester pertama dulu. Saya disuruh baca buku yang happy-happy, soal mengurus bayi, perkembangan bayi setelah lahir, dll. Alhamdulillah, cukup berhasil dan semakin menanamkan energi positif dalam diri saya. Ternyata kalau ibunya happy, bayi di dalam kandungan juga ikut happy 😀

Nah, saya mau merekomendasikan beberapa buku yang saya baca selama kehamilan, baik dari dalam maupun luar negeri. Semoga bakal ada part 2 dan selanjutnya, seiring dengan bertambahnya bahan bacaan saya. Mudah-mudahan bermanfaat!

1. What to Expect When You’re Expecting

Penulis: Heidi Murkoff

Ini kayaknya udah jadi pregnancy bible sejuta umat, ya. Saya waktu itu belinya di Periplus dengan edisi yang paling baru (fifth edition). Buku ini lengkap banget tahapan selama proses kehamilan hingga persalinan dan the first few weeks postpartum. Kalau saya, cara bacanya adalah mengikuti perkembangan janin. Jadi kalau bulan ini saya menginjak usia 7 bulan, maka saya baca chapter yang khusus membahas kehamilan tujuh bulan saja, begitu seterusnya. Ini jadi heads up juga bagi saya, hal-hal apa saja yang bisa saya ekspektasikan dari kehamilan di bulan tersebut. Oh iya, sebelum hamil juga saya baca buku What to Expect before You’re Expecting untuk mempersiapkan kehamilan.

2. Tanya Jawab tentang Nutrisi di 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak

Penulis: dr, Meta Hanindita, Sp.A.

Buibu, pasti udah tahu dong kalau 1000 hari pertama adalah masa keemasan bagi anak? Dan 1000 hari pertama itu dimulai sejak anak berada dalam kandungan. Buku ini ditulis oleh seorang dokter anak dan cukup lengkap membahas nutrisi terbaik bagi anak, mulai dari vitamin dan kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan anak, pentingnya menyusui, memantau berat badan dan tinggi anak, hingga membahas tentang nutrient deficiency pada anak dan risikonya. Buku ini lengkap membahasnya mulai dari fase kehamilan hingga fase anak usia 1-2 tahun ketika sudah MPASI.

3. Panduan Lengkap Merawat Bayi 0-1 Tahun

Penulis: dr, Meta Hanindita, Sp.A.

Buku ini ditulis oleh dokter yang sama dengan buku di atas. Sebenarnya kedua buku ini merupakan bagian dari serial Mommyclopedia dan membahas hal-hal penting yang dibutuhkan untuk perawatan anak. Sayangnya menurut saya buku ini terlalu simpel dan kurang memberikan penjelasan yang dalam (terlepas dari ilustrasinya yang nggemesin!). Menurut saya buku ini baik sebagai pegangan kita kalau sedang membutuhkan informasi cepat, misalnya, gimana pertolongan pertama yang bisa dilakukan saat anak terluka atau cara memandikan bayi dengan posisi dan tahapan yang benar.

4. Bebas Takut Hamil dan Melahirkan

Penulis: Yessie Aprillia

Sebelum mulai mengurus anak, tentu harus melewati proses persalinan dulu, dong! Buku ini membahas bagaimana cara kita merilekskan diri untuk mempersiapkan kelahiran, menghindari stress dan ketakutan, menghilangkan trauma melahirkan, hingga olahraga dan teknik pernapasan yang bisa membantu selama persalinan. Salah satu afirmasi positif yang saya suka dari buku ini adalah persalinan adalah proses yang alami… dan tubuh perempuan sudah dipersiapkan untuk melakukannya. Jadi persalinan bukan sesuatu yang perlu ditakutkan. Buku ini juga memberikan kita ilmu mengenai hypnobirthing, posisi yoga yang bisa membantu merilekskan diri dan membantu melancarkan proses persalinan, hingga teknik memijat yang berguna untuk membuat ibu hamil nyaman. Lengkap!

5. Your Baby’s First Year

Penulis: dr. Anastasia Alcock, Beth Graham, Lulu Becker

Sebenarnya ini buku pertama tentang parenting yang saya beli waktu di Big Bad Wolf tahun 2017, jauh sebelum saya hamil…. haha. Setelah tahu saya hamil, baru deh saya mulai baca-baca. Saya suka buku ini karena dilengkapi dengan ilustrasi foto asli, full color, dan halamannya yang seperti majalah. Cuma masalahnya jadi berat aja kalau lagi dibaca hehe. Isi bukunya pun lengkap, mulai bagaimana caranya mengurus bayi dari lahir sampai usia 1 tahun. Sayangnya karena ini berasal dari luar negeri, ada beberapa hal yang nggak applicable untuk di negara kita, misalnya, bagaimana cara pembuatan akta lahir. Padahal ini adalah sesuatu yang penting, tapi sayangnya justru saya belum menemukan buku dari dalam negeri yang pernah membahasnya.

6. Dear Ijeawele: or A Feminist Manifesto in Fifteen Suggestions

Penulis: Chimamanda Ngozi Adichie

Buku ini saya masukkan ke dalam list buku parenting karena sangat penting bagi saya sebagai (calon) orangtua. Saya udah baca buku ini sebanyak 2 kali karena memang tipis banget, paling hanya membutuhkan waktu 20-30 menit sampai habis. Isinya? Sebenarnya buku ini ditulis karena Adichie mendapatkan pertanyaan dari sahabat masa kecilnya yang baru saja melahirkan seorang bayi perempuan dan dia bertanya, bagaimana caranya membesarkan seorang anak yang feminis? Akhirnya sang penulis memutuskan untuk menulis “surat” yang berisikan tips praktis tentang bagaimana membesarkan seorang anak, baik laki-laki maupun perempuan, dan menjadi orangtua yang conscious terhadap perbedaan gender, ras, orientasi seksual, dll dan lebih memahami this diverse world.

One thought on “My Top 6 Pregnancy and Parenting Books

  1. […] Namanya belum pengalaman, pasti pengen lah coba nyari-nyari referensi dan ilmu dari buku seputar kehamilan dan parenting. Meskipun nggak tahu ya nanti penerapannya gimana… hahaha. Seenggaknya dengan baca buku-buku ini bikin saya lebih ‘siap’ aja dan punya gambaran hal-hal yang perlu diantisipasi nanti ketika jadi orangtua baru. Intinya sih mencari ilmu sebanyak-banyaknya nggak rugi, kok 🙂 Saya juga udah pernah bahas tentang rekomendasi buku-buku kehamilan dan parenting di sini. […]

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s