10 Produk Skincare dan Makeup Andalan selama Hamil

Sudah jadi rahasia umum kalau ibu hamil dan menyusui nggak boleh pakai sembarangan produk skincare dan makeup, karena beberapa mengandung bahan yang berbahaya bagi janin. Saya sendiri sebelum hamil pakai produk penghilang jerawat dari dokter yang sudah saya pakai bertahun-tahun, yang langsung saya hentikan ketika tahu saya hamil.

Banyak referensi di internet beberapa bahan yang harus dihindari ketika hamil, rata-rata sih menyebutkan bahan-bahan seperti: Paraben, Merkuri, Salicylic Acid, Steroid, Soy, Hydroquinone, dll. Tapi artikel yang paling menjadi pegangan saya adalah yang dari BabyCenter ini. Menurut saya artikel ini paling lengkap dengan ketentuan yang spesifik, misalnya, bahan A masih boleh dipakai asal kandungannya kurang dari 2%, bahan B masih boleh dipakai secara minimal (1-2 kali sehari), dll. Dan artikel ini sudah di-approve oleh dokter kandungan, dokter kulit, dan apoteker sehingga keakuratannya terjamin.

Nah, saya mau berbagi produk skincare dan makeup yang saya gunakan selama hamil. On a side note, saya nggak pakai makeup setiap hari yaa, cuma kalau keluar rumah aja atau lagi kondangan.

1. The Body Shop Tea Tree Facial Wash

Sabun cuci muka ini enak dipakai, ringan, dan nggak terlalu banyak busanya. Wangi tea tree-nya juga enaaak. Karena memang muka saya cenderung berminyak dan saya berhenti pakai sabun khusus jerawat, jadi wajar aja kalau muka saya muncul jerawat kecil-kecil di dahi. Jadi bukan salah sabunnya haha.

2. The Body Shop Tea Tree Mattifying Lotion

Ini day cream untuk sehari-hari, masih dari tea tree series-nya The Body Shop juga. Ukurannya kecil, tapi saya pakai nggak habis-habis karena pakai sedikit aja udah cukup melembabkan kulit.

3. Nature Republic Aloe Vera 92% Soothing Gel

Ini saya beli gara-gara keracunan di Instagram hahaha. Dan bener loh, enak banget. Saya biasanya pakai ini setelah pakai day cream dan malam setelah bersihin muka. Ternyata manfaat dan kegunaan lainnya juga banyak banget. Saya pernah nyobain maskeran pakai ini yang saya campur madu, hasilnya kulit kerasa segaaar banget.

4. Palmer’s Massage Cream for Strechmarks

Kalau produk ini untuk perawatan tubuh. Sebenarnya saya pakai in karena dikasih teman. Jadi waktu itu saya didiagnosis kena PUPPP (pruritic urticarial papules and plaques of pregnancy) sama dokter, di mana kondisi kulit saya jadi kering dan gatal-gatal. Dan gatalnya bukan cuma di bagian perut yang nge-stretch, tapi di bagian lain, kayak pangkal paha, punggung, kaki, bahkan sampai ke tangan. Gatalnya luar biasa, sampai-sampai bikin saya nggak bisa tidur. Saya kira saya kena alergi sesuatu, sampai pas saya ke dokter kulit ternyata memang ini pengaruh hormon. PUPPP ini muncul pas usia kandungan saya 3 bulan dan… Hanya akan sembuh setelah melahirkan. Frustrasi gak? Dokter juga ngasih saya salep yang cuma bisa meredakan gatal, tapi bukan menyembuhkan. Habis salepnya abis, ya gatel lagi haha.

Di saat itulah saya dapat Palmer’s ini dan… It works like magic. Asli. Meskipun katanya buat stretchmark, tapi semenjak pakai ini gatal-gatal saya jadi berkurang sangat drastis. Bahkan kalau saya garuk pun (tentunya nggak kenceng-kenceng) jadi ngga iritasi seperti sebelumnya. Kayaknya sekarang ini jadi satu-satunya produk di mana bikin saya ketergantungan selama hamil.

5. Crystal Deodorant

Setelah baca-baca, ternyata deodoran yang biasa saya pakai mengandung aluminium cholorohydrate, yang mana juga kurang aman bagi ibu hamil. Setelah itu saya langsung ganti deodoran, yaitu pakai yang merk Crystal. Dapatnya beli di sebuah online shop karena saya sendiri baru dengar nama merk ini. Senangnya sih karena deodoran ini 100% alami, tanpa paraben, aluminium cholorohydrate, bahkan tanpa wewangian, karena bahannya cuma terbuat dari garam mineral.

6. Mineral Botanica Original Loose Foundation

Seperti yang saya sebut di atas, saya nggak pakai makeup setiap hari, hanya kalau ke luar rumah aja. Tekstur bedak tabur ini ringan banget. Apalagi kalau saya pakai setelah pakai Aloe Vera-nya Nature Republic, minyak di muka saya semakin berkurang.

7. Mineral Botanica Moisturizing Lipstick

Lipstik matte ini juga udah jadi andalan saya sebelum saya hamil, karena bikin bibir lembab dan warnanya tahan lama. Selain itu, lipstiknya bebas paraben, sehingga saya teruskan aja selama hamil. PS:  Lipstiknya nggak saya foto karena tutupnya udah pecah haha.

8. Wardah DD Cream C-Defense

Ini saya pakai khusus kalau mau kondangan aja, karena muka saya nggak bisa pakai foundation. Saya pakai ini udah dari sebelum hamil. Dan kalau saya lihat isi bahannya sih cukup aman dan nggak ada yang masuk ke dalam kategori berbahaya, jadinya saya teruskan aja.

9. Tea Tree Facial Wipes

Ini saya dapat dari mama mertua waktu beliau ke Australia, saya dikasih dua bungkus sekaligus. Pakai ini makeup langsung terangkat, wangi tea tree-nya juga enaaak dan segar banget. Sekarang stoknya udah mau habis dan saya bingung harus nyari ke mana huhu.

10. Bali Alus Apple Body Butter

Saya beli ini sewaktu ke Bali. Teksturnya sangat creamy, jadi pakai sedikit aja udah bisa bikin kulit lembab. Bahan-bahan yang dipakai juga alami dan cukup aman. Sebenarnya salah satu bahannya adalah soy milk powder, di mana ada kandungan bubuk susu kedelai meskipun nggak banyak. Saya nggak pakai ini setiap hari, biasanya gantian sama Palmer’s yang juga suka saya pakai di tangan, karena wangi coklat haha.

Intinya, selama kehamilan saya coba untuk beralih pakai produk yang lebih berbahan alami, dan meminimalisasi penggunaan makeup kalau nggak butuh-butuh banget. Kalau gitu, tentu bikin kulit juga lebih sehat, kan? 😀

5 thoughts on “10 Produk Skincare dan Makeup Andalan selama Hamil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s