Choosing the Right Wedding Vendors

Dalam mempersiapkan wedding, saya dan Abang sepakat bahwa kami melakukan semuanya berdua, tanpa bantuan Wedding Organizer maupun Wedding Planner. Oleh karena itu, agar nggak terburu-buru, kami merencanakannya dari jauh-jauh hari biar kami memiliki cukup banyak waktu dalam mengambil keputusan, terutama dalam pemilihan wedding vendors.

Memilih the right wedding vendors memang menyenangkan, terutama di bagian risetnya. But believe me, it is exhausting and exhilarating sometimes, terutama ketika saya sudah berpindah dari satu vendor ke vendor lain tapi ngerasa nggak cocok juga. Beberapa kali saya sempat pasrah ‘ya udahlah yang ini aja’ daripada nanti telat booking, tapi akhirnya Abang selalu meyakinkan bahwa there should be a better choice out there.

Di bawah ini ada beberapa tips (berdasarkan pengalaman saya) yang bisa saya bagi dalam memilih vendor agar nggak menyesal di kemudian hari.

Consider your standard & budget

Dalam menentukan pilihan wedding vendor, tentunya kita harus sudah memiliki standar sendiri. Memang sih kadang standar ini berbanding lurus dengan budget yang juga semakin besar. Tapi nggak selalu berarti begitu, kok. Kalau pintar-pintar mencari, kita bisa menemukan vendor yang sesuai dengan standar dan budget di kantong.

Salah satu standar yang saya sarankan yang harus ada dalam kriteria adalah: kebersihan, terutama untuk vendor catering dan dekorasi. Kemudian, kalau sudah punya standar sendiri, seperti misalnya, harus bisa memenuhi mewujudkan pernikahan yang elegan, itu tergantung selera masing-masing, ya. Tentunya masing-masing orang pasti bisa menilai apakah vendor tersebut cukup profesional dan memenuhi kriteria atau tidak.

Research and consult

Hidup di era digital seperti ini memudahkan para brides-to-be dalam research wedding vendors yang kemungkinan menjadi pilihan mereka. Banyak banget blog-blog di luar sana yang ngasih review terhadap wedding vendors yang dipakai maupun vendors yang pernah didatangi. Tuliskan saja di Google apa nama vendornya, dan voila, review pun bisa langsung dibaca. Satu lagi, banyak juga sekarang wedding vendors yang sudah cukup punya online presence. Coba saja kunjungi Facebook, Twitter, Instagram, atau website mereka untuk sekaligus riset mengenai portofolio mereka.

Selain riset, pemilihan wedding vendors juga bisa dilakukan dengan konsultasi. Nggak harus dengan WO, kok. Misalnya, sama teman yang baru kemarin menikah atau sama sepupu yang sama-sama akan menikah dalam waktu dekat. Dan kalau misalnya sudah memilih salah satu vendor, kita juga bisa loh konsultasi dengan mereka, karena beberapa dari mereka ada yang punya rekanan dengan vendor lain. Misalnya, kalau sudah punya vendor catering, coba saja tanya ke mereka apakah ada rekomendasi vendor dekorasi atau fotografi yang oke. Intinya mereka pasti saling mengenal dan tahu kualitas masing-masing. Jadi jangan segan untuk bertanya atau meminta saran, ya.

Do not rush

Ini juga penting banget. Jangan hanya merasa puas mendatangi satu vendor saja. Cari vendor sebanyak-banyaknya dan bandingkan kualitas mereka. Saat mendatangi vendor, siapkan pertanyaan apa saja yang ingin diketahui dan kumpulkan pricelist dan penawaran yang mereka berikan.

Harus diingat bahwa saat kita datang ke kantor mereka untuk bertanya, bukan berarti kita harus langsung jadi booking. Mereka juga mengerti bahwa kita menginginkan pilihan yang terbaik. Tapi ini juga bukan berarti seenaknya datang dan pergi, ya. Kalau kita nggak jadi memakai jasa mereka, seenggaknya bisa sesimpel mengirimkan SMS, jangan langsung pergi tanpa kabar begitu saja.

Dan untuk pemilihan vendor catering, ini yang paling saya sarankan agar tidak terlalu terburu-buru. Karena ada dua hal besar yang harus dipertimbangkan di sini, yaitu kualitas makanan dan performance mereka saat hari-H. Kalau makanannya enak tapi ternyata waktu hari-H penyajiannya nggak pro dan banyak piring kotor di mana-mana sama saja bohong, kan?

Semoga tips-tips di atas membantu kalian memilih wedding vendors yang terbaik!

Featured image from here.

One thought on “Choosing the Right Wedding Vendors

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s