Things to Do around Losari Beach

Hi there!

Pasti tahu dong kalau Makassar terkenal dengan pantai Losari-nya yang terletak tepat di jantung kota. Saya kebetulan punya kesempatan berkunjung lagi ke sana, dua kali dalam tiga bulan, karena sedang penelitian. Kunjungan saya terakhir ke Makassar berdua dengan bos saya. Untuk mengefisienkan waktu, kami bagi dua kerjaan, bos saya penelitian di pulau, dan saya penelitian di kota. Setelah selesai pekerjaan, saya punya banyak waktu untuk berjalan-jalan sendiri, apalagi homestay saya dekat dengan pantai Losari.

Selain menikmati sunset dan ditemani deburan ombak, banyak hal yang sesungguhnya bisa dilakukan di sekitar pantai Losari. Berikut ini beberapa di antaranya.

Menikmati Pisang Epe

Pisang Epe

Jalan-jalan sore enaknya apalagi selain makan pisang epe? Pisang bakar khas Makassar yang dilumuri dengan gula merah ini punya banyak rasa, mulai dari rasa original, keju, coklat, kelapa, sampai durian. Penjajak pisang epe bisa banyak dijumpai di sepanjang jalan pantai Losari. Jangan lupa coba saraba juga, yaitu wedang jahe khas Makassar yang bisa dibeli dari pedagang pisang epe.

Menyebrang ke Pulau

Samalona

Di daerah pantai ini jugalah berdiri masjid Amirul Mukminin atau Masjid Apung dan pelabuhan tempat kalau mau menyebrang ke pulau, yaitu pelabuhan Kayu Bangkoa. Dari pelabuhan ini, kalian bisa pergi ke pulau-pulau terdekat, seperti pulau Lae-Lae, Samalona, Kodingareng Keke (tidak berpenghuni), dan Kodingareng Lompo (berpenghuni) menggunakan perahu kayu. Tarifnya 45 ribu sekali jalan. Kalau mau lebih murah, sewa satu perahu untuk ramai-ramai dan patungan. Kalau mau menginap, bisa ikut bermalam di rumah penduduk yang terbuka untuk wisatawan. Mau diving, snorkeling, atau sekadar menikmati keindahan alam? Your choice!

Fort Rotterdam

Fort RotterdamBenteng terkenal peninggalan Belanda, Fort Rotterdam, juga nggak jauh dari pantai Losari. Bisa dijangkau dengan jalan kaki atau becak. Benteng ini dibuka sampai pukul 6 sore, dan kalau mau ke sana, datanglah pada sore hari karena cuacanya lumayan adem dan pemandangan langitnya pun semakin bagus. Nggak ada biaya masuk untuk menikmati Fort Rotterdam, tapi setiap tamu harus mengisi buku registrasi dan ada sumbangan sukarela.

MakassArt Gallery

Pantai Losari

MakassArt Gallery juga terletak di daerah pantai Losari. Untuk menikmatinya, tanpa biaya masuk dan berisi lukisan-lukisan hasil seniman Makassar. Galerinya cukup padat dan kecil, tapi sangat artistik. Di dalam kalian diperbolehkan mengambil foto asal tetap menghormati hasil karya. Galeri ini juga menyediakan kursus seni.

Ada hal lain yang bisa direkomendasiin ketika berkunjung ke Pantai Losari? Yuk, share!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s